Tips Belajar Supaya Masuk ke Otak


Buatlah Belajar menjadi aktivitas yang menyenangkan 

Ketika belajar kita butuh motivasi. Tetapi motivasi belajar karena ingin mendapatkan rapor yang bagus atau ingin masuk Perguruan Tinggi favorit kadang tidak berhasil. Maka hal yang perlu dilakukan adalah menemukan ketertarikan pada ilmu yang ingin dipelajari. Ketika kita tertarik pada suatu ilmu, maka ilmu itu akan mudah untuk dipelajari. Cobalah mengaitkan peristiwa sehari-hari seperti kecepatan saat bersepeda dengan rumus kecepatan pada fisika.



Jauhkan Gangguan

Apakah kamu mendengarkan musik sambil belajar? ternyata musik dan belajar bukan kombinasi yang tepat. Musik justru akan membuat fokus otak kita menjadi terbelah. Bukanya belajar, kita malah jadi ikutan nyanyi karena hafal liriknya. Kalo kamu ngerasa mati gaya kalau nggak ada musik, cobalah belajar sambil dengerin musik yang ber-genre klasik, trance, barok, atau apa aja yang instrumental.

Jangan coba-coba belajar sambil nonton TV. Kalau durasinya sudah terlalu lama belajar, dan pengen banget  nonton TV lebih baik istrahat dulu terus baru nikmatin waktu istirahat dengan nonton TV.



Kudapan 


Sebelum belajar kamu sebaiknya menyiapkan snack, atau bahasa indonesianya "kudapan". Dengan begitu kamu jadi lebih fokus belajar. Jadi saat mulai lapar nggak harus bolak-balik nyari makanan. Siapkan juga segelas air putih. Karena belajar membuat kita haus.











Comments

Popular posts from this blog

Cara Bikin Blog di blogger.com

Apa itu Boilerplate?

Pengertian Scripting dan Compiled Language