Cara Bikin Blog di blogger.com

Untuk bikin blog caranya sangat mudah. Pertama-tama kita harus menentukan dimana kita akan membuat blog. Ada berbagai platform blog yang dapat digunakan antara lain : Blogger, Wordpress dan Tumblr. Contoh-contoh itu adalah sebagian kecil dari platform-platform blog yang tersedia di Internet. Masing-masing platform blog punya kelebihannya tersendiri. Untuk itu pilihlah yang paling nyaman dan sesuai dengan keinginan kalian.

Salah satu platform blog yang paling bebas "diutak-atik" adalah Blogger. Platform blog ini sendiri adalah buatan google jadi jangan diragukan lagi kemampuanya :D. Untuk membuat blog menggunakan blogger kalian cukup membuka blogger.com. Jika belum mempunyai akun google / gmail maka kalian harus membuat akun google terlebih dahulu. Satelah login maka tampilan blogger.com menjadi seperti ini.


Untuk membuat blog baru, klik "NEW BLOG" atau "BLOG BARU". Pada tahap ini kalian diminta mengisikan Judul Blog, alamat blog dan template. Untuk judul blog isikan dengan judul blog yang diinginkan. judul blog nantinya akan muncul di atas blog atau yang disebut dengan header.

Pada alamat blog juga isikan sesuai dengan keinginan namun perlu diingat bahwa sebagian besar nama blog saat ini telah digunakan oleh orang lain. misalkan jika alamat blog ingin diisi dengan "blogbagus.blogspot.com" kemungkinan besar blogger menampilkan pesan "Maaf, alamat blog ini tidak tersedia." sehingga kita harus mencari nama alamat blog lain yang lebih unik dan kreatif.

Untuk Template blog tidak terlalu berpengaruh karena nanti kalian bisa mengubahnya nanti setelah blog dibuat. setelah semua informasi diisi maka tahap terakhir yang harus dilakukan adalah klik tombol  buat blog. Setelah itu blog akan siap digunakan. Selamat nge-blog!

Comments

  1. Terima kasih atas informasinya.. sangat membantu untuk mereka yang ingin coba membuat blog..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Apa itu Boilerplate?

Pengertian Scripting dan Compiled Language