Tentang Kebiasaan

Kebiasaan adalah suatu aktivitas/kegiatan yang dilakukan berulang-ulang cenderung dilakukan secara tidak sadar. Sebuah kebiasaan dapat merusak atau membangun. Kebiasaan buruk sebaiknya diubah karena dapat merusak atau mengganggu kehidupan kita. Sebagai manusia, kita juga ingin meningkatkan pencapaian pribadi. Oleh karena itu, kita juga perlu membangun kebiasaan-kebiasaan baik.

Sebagian besar orang tidak ingin mengubah kebiasaan mereka. Itu wajar, sebab kebiasaan merupakan insting alami manusia agar dapat bertahan hidup. Analoginya,  Ini semua dapat kita telusuri lebih jauh ke zaman purba, saat itu manusia masih berburu untuk bertahan hidup. Ketika orang purba pergi berburu mereka menghapalkan jalur yang mereka anggap aman dan mereka akan melewati jalur itu berulang-ulang. Sehingga muncul kesan bahwa jalur itu aman dari binatang buas atau tanaman beracun. Sistem kebiasaan itulah yang kita kenal dari insting bertahan hidup. Ketika Anda terbiasa bangun siang hari. Tentunya dengan bangun siang nyawa anda tidak terancam kan? ketika Anda melakukan itu berulang-ulang maka secara otomatis kita akan menganggap bahwa bangun siang merupakan aktivitas yang aman, dan sebaliknya bangun pagi belum tentu aman.  Bangun pagi mungkin saja dapat membuat Anda mati. Kedengarannya konyol tapi itulah sistem kebiasaan.

 Ketika Anda hendak melakukan perubahan maka Anda secara tidak langsung akan mengacaukan insting bertahan hidup. Tentunya otak maupun tubuh kita tidak akan menyukai perubahan. Tetapi kita tidak lagi hidup di zaman purba yang hanya mengandalkan insting. Beberapa peristiwa yang penting bagi kita hampir pasti akan terjadi. misalnya seperti Ujian Nasional bagi siswa-siswi SMA, atau mungkin melamar pekerjaan atau membuka usaha baru. Di zaman purba Anda tidak dapat memastikan apa-apa. Tapi sekarang, tampaknya segala peristiwa pasti akan terjadi serta dapat diprediksi dan diantisipasi. Mau tidak mau akhirnya kita perlu mengubah kebiasaan buruk agar kita siap menghadapi situasi yang telah kita targetkan.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Bikin Blog di blogger.com

Apa itu Boilerplate?

Pengertian Scripting dan Compiled Language