Anda tidak bisa mengelola sesuatu yang belum Anda ukur

Itu merupakan sebuah pepatah manajemen yang cukup terkenal. Dalam bahasa inggris "You Can't Manage What You Don't Measure".  Pada intinya, pepatah ini mengatakan bahwa Anda tidak dapat mengetahui apakah sesuatu berjalan dengan baik tanpa melakukan pengukuran. Pada kenyataaanya pengukuran berguna di manajemen. Dengan Mengukur berarti kita mengetahui suatu keadaan membaik atau memburuk.
  • Mengukur - menilai mutu dng cara membandingkan, menguji, mencoba, mengira, dsb
  • Pengukuran - proses, cara, perbuatan mengukur
  • Metrik - Standar pengukuran
  • Tolok ukur - Pembandingan dari yang diukur
Jadi, kita melakukan pengukuran dengan mengumpulkan data. Lalu menetapkan metrik dari data yang telah dikumpulkan. Lalu membandingkan pengukuran tadi dengan tolok ukur untuk mengevaluasi perkembangan.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Bikin Blog di blogger.com

Apa itu Boilerplate?

Pengertian Scripting dan Compiled Language