Referensi untuk belajar web design

Pada dasarnya, untuk membuat sebuah web professional nggak bisa dikelola oleh 1 orang aja. kita membutuhkan orang yang mengelola web supaya tetap berjalan, orang yang merancang web dan lain-lain. selanjutnya, orang yang merancang web ini disebut web designer.

Perancangan web (web design) adalah istilah umum yang digunakan untuk mencakup bagaimana isi web konten ditampilkan, (biasanya berupa hypertext atau hypermedia) yang dikirimkan ke pengguna akhir melalui World Wide Web, dengan menggunakan sebuah browser web atau perangkat lunak berbasis web. Tujuan dari web design adalah untuk membuat website—sekumpulan konten online termasuk dokumen dan aplikasi yang berada pada server web / server. Sebuah website dapat berupa sekumpulan teks, gambar, suara dan konten lainnya, serta dapat bersifat interaktif ataupun statis
dari wikipedia indonesia
yang harus dipelajari dalam web design :
  1. Bahasa Markup (seperti HTML, XHTML dan XML)
  2. Gaya lembar bahasa (seperti CSS, XSL)
  3. Client-side scripting (seperti JavaScript dan VBScript)
  4. Server-side scripting (seperti PHP, Ruby On Rails, Node.js)
  5. Teknologi database (seperti MySQL dan PostgreSQL)
  6. Teknologi multimedia (seperti Flash dan Silverlight)
Bahasa Markup adalah bahasa yang paling dasar dan wajib dikuasai. Gaya lembar bahasa seperti CSS dipergunakan untuk mempercantik tampilan. Client-side & Server-side Scripting + Teknologi Database untuk programmer, lebih mengacu ke server. jika kita hanya mengerjakan tampilan web disebut dengan Front-end Deveeloper. Tetapi jika kita juga mengerjakan server side dan database maka disebut Full-stack developer. Teknologi Multimedia hanya untuk tambahan saja, Flash sudah jarang dipakai sekarang ini.

Dalam dunia kerja biasanya kita tidak hanya menggunakan CSS secara mentah. namun kita dituntut untuk mengerti CSS Preprocessing tool seperti SASS dan LESS. Dengan CSS preprocessing kita akan lebih produktif.

Di internet banyak terdapat sumber-sumber untuk belajar web design. banyak referensi yang mudah dipelajari. Misalnya kayak gini :

1. http://code.google.com/intl/id/edu/submissions/html-css-javascript/
terdiri dari 3 core utama dalam web design yaitu HTML, CSS dan javascript. lebih banyak materi yang bersifat video

2. http://www.codecademy.com
kalo ini kita diajarin lebih mendetail. lebih banyak latihan-latihan menulis kode.

3. Udemy.com
website yang berbayar.

4. Youtube
sudah banyak tutorial yang bermunculan di youtube di channel seperti devtips dan phpacademy.


Popular posts from this blog

Cara Bikin Blog di blogger.com

Apa itu Boilerplate?

Pengertian Scripting dan Compiled Language