Backup data apaan tuh?


Backup data mungkin aja merupakan istilah yang asing bagi telinga orang indonesia. mungkin cuma mereka yang bekerja dibidang perkomputeran yang paham kata-kata ini. Di luar negeri khususnya Amerika serikat Backup Data sudah populer banget karena mereka merasa data yang disimpan di komputer mereka itu berharga banget. ah lama!!! terus jadi artinya Backup itu apaaaaa?? sabar dulu dong, jangan marah-marah gitu apalagi sampe jedot-jedotin pala ke tembok. oke ganyambung. but go ahead



Backup itu bahasa indonesianya menyokong atau lebih singkatnya, bantuan. pengertianya, backup data itu adalah memindahkan sebagian/seluruh file/data-data yang ada di komputer kita ke dalam hardisk eksternal/CD/DVD  dan semacamnya. jadi intinya kita punya file cadangan kalo sewaktu-waktu file tersebut ilang dari komputer kita. kalo di luar negeri mereka membackup udah nggak pake yang namanya CD atau semacamnya. Mereka lebih cenderung mengupluoad data-data backup-an mereka ke website seperti Dropbox dan semacamnya. kedengaranya sih bahaya, but that's it.Cloud Computing era. oke, udah paham belom?

klik aja gambarnya, bisa kok

Seagate, Merk harddisk terkenal didunia (harusnya udah pada kenal), bahkan telah meriset karakteristik para pengguna yang melakukan back up tersebut

hasilnya gua kutip dari teknoup.com aja kali ya biar nggak cape ngetik-ngetik ulang.
30% wanita yang disurvei mengaku tidak pernah membackup data. Sedangkan dari golongan pria, hanya 19% yang tidak membuat cadangan. Juga tercatat bahwa hanya 10% dari seluruh responden yang membackup datanya setiap saat.
Hasil survei juga menunjukkan fakta lain. Meski Layanan cloud seperti dropbox, Google drive dan sejenisnya mulai populer, namun hanya sekitar 8% responden yang menggunakannya. Sisanya? mereka lebih memilih hard disk eksternal dan USB flash drive sebagai tempat favorit untuk membackup file.
jadi sebenernya penting gak sih backup data?
itu semua terserah kalian para penggunanya. kalo ada file yang dirasa penting dan dibuang sayang. di wajibkan untuk backup. minimal dari komputer ke flashdisk masing-masing lah. atau file dari flashdisk ke komputer. jadi, berminatkah membackup data?





Comments

Popular posts from this blog

Cara Bikin Blog di blogger.com

Apa itu Boilerplate?

Pengertian Scripting dan Compiled Language