Melanin - Zat pemberi warna pada kulit dan mata


Tau gak kenapa orang afrika kulitnya item? kenapa orang indonesia berkulit coklat? kenapa orang bule kulitnya putih, matanya ada yang coklat , biru atau hijau?

Ternyata warna kulit dan warna iris mata yang berbeda-beda karena adanya perbedaan jumlah zat melanin pada masing -masing ras. Orang bule Kulitnya putih karena jumlah melanin yang ada di kulit mereka jumlahnya sedikit. Berkebalikan dengan orang bule, orang afrika punya melanin yang lebih banyak di kulit mereka. jadi kesimpulanya makin banyak jumlah melanin, makin item pula kulit kita. Orang indonesia coklat/sawo matang karena punya melanin yang sedang. Orang albino bisa dibilang tidak punya zat melanin. Melanin beda loh ya dengan melamin, kalo melamin itu zat berbahaya yang ada di susu bayi itu loh :p

Melanin dihasilkan oleh kelenjar pituitary yang berada di otak tetapi kelenjar ini bukan termasuk bagian dari otak. Zat Melanin ditemukan di hampir seluruh organisme kecuali laba-laba. Peningkatan produksi melanin pada kulit manusia disebut melanogenesis. Peningkatan produksi ini karena perubahan DNA disebabkan oleh radiasi matahari atau UVB. inilah alasan mengapa kalau kita terlalu lama kena sinar matahari, kulit akan semakin coklat. proses melanogenesis membutuhkan waktu yang lumayan lama.

Dalam hal warna Iris mata, melanin juga berpengaruh. kalo melanin terlalu sedikit, maka matanya warna biru. Kalo melanin terlalu banyak matanya warna hitam kayak orang indonesia kebanyakan. faktor keturunan juga berpengaruh terhadap warna mata.

jadi, melanin mempengaruhi :
  1. Warna pigmen kulit
  2. Warna Iris mata
faktor keturunan juga berpengaruh terhadap warna mata. seperti yang diuraikan ditabel :



Pembahasan lebih lanjut :
http://en.wikipedia.org/wiki/Melanin




Comments

Popular posts from this blog

Cara Bikin Blog di blogger.com

Apa itu Boilerplate?

Pengertian Scripting dan Compiled Language