10 Dinasti Cina

Tugas sejarah kelas 10 BAB sejarah dunia


1.       Dinasti Shang
Dinasti ini mampu membudidayakan sungai Hoang Ho dengan tanggul sehingga rakyat sejahtera karena memanfaatkan tanggul tersebut untuk pertanian. Mereka sudah mengenal aksara honji. Dewa yang mereka sembah adalah dewa Shang Ti

2.       Dinasti Chou(Zhou  周朝)
Dinasti terakhir sebelum Cina resmi disatukan di bawah Dinasti Qin. Dinasti Zhou adalah dinasti yang bertahan paling lama dibandingkan dengan dinasti lainnya dalam sejarah Tiongkok, dan penggunaan besi mulai diperkenalkan di Tiongkok mulai zaman ini.. Pendirinya adalah pangeran Wu Wang


3.       Dinasti Chin(Qin 秦朝)
Kerajaan –kerajaan di cina dipersatukan dan hanya diperintah oleh satu raja. Terjadi perbaikan dan pembangunan tembok besar cina yang sebelumnya telah dibangun pada masa Dinasti Zhou untuk menahan serangan dari bangsa Xiongnu di utara. Kaisar yang berkuasa pada masa ini adalah Qin Shihuang.

4.       Dinasti Han(漢朝)
Kerajaan Diperluas ke wilayah korea. Agama budha juga mulai masuk ke cina. Orang cina sudah dapat membuat kertas dari kulit kayu yang disebut tsa’ilun. Dinasti Han merupakan salah satu dinasti terkuat di Tiongkok, dan karena pengaruhnya yang besar, etnis-etnis mayoritas di Tiongkok sekarang ini menyebut mereka orang Han. Kaisarnya adalah Han wu Ti

5.       Dinasti Sui
Suku liar dari utara yang mengganggu cina dapat ditaklukan. Sistem Administrasi juga berkembang pesat pada periode ini. Kaisarnya adalah Sui Yang Ti

6.       Dinasti T’ang
Wlayah cina berhasil diperluas sampai ke wilayah Tonkin, Anmam, Kampuchea dan Persia. Kesenian Berkembang pesat dan bangunan –bangunan Pagoda mulai dibangun.

7.       Dinasti Sung
Aksara cina dikembangkan lebih jauh lagi. Museum – museum didirikan. Serta ditemukanya penanggalan matahari. Dipimpin oleh kaisar Tang Tai Sung.

8.       Dinasti Mongol
Orang Mongol menguasai cina pada periode ini. Di bawah kekuasaan Gengis Khan, Ibukota Dipusatkan di kota Kambaluk (peking). Setelah Gengis Khan wafat, Kekaisaran digantikan oleh Ogadei Khan yang memperluas kekuasaan sampai Siberia dan polandia. Setelah Ogadei wafat, anaknya yaitu Kubilai Khan menggantikan kekuasaanya.
  
9.       Dinasti Ming
Pada Masa ini, cina mulai mengadakan hubungan perdagangan dengan bangsa – bangsa barat seperti portugis dan belanda. Dinasti Ming mengalami kehancuran karena diserang bangsa Manchu. 

10.       Dinasti Manchu
Dinasti ini berasal dari Manchuria menggantikan dinasti Ming. Dipimpin oleh kaisar yang kurang pandai sehingga menghasilkan revolusi cina pada 10 oktober 1911.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Bikin Blog di blogger.com

Apa itu Boilerplate?

Pengertian Scripting dan Compiled Language