Pembahasan mengenai moncong roket


image : http://www.coastrocketry.com/LOC%20nose%20cones.jpg
Moncong roket atau dalam bahasa inggris disebut Nose cone merupakan bagian paling ujung dari sebuah roket. Sering disebut dengan Hidung roket/moncong roket. Semua roket pasti mempunyai moncong. Hanya saja bentuknya yang berbeda-beda seperti yang dapat kita lihat dalam gambar diatas. Dan perbedaan-perbedaan bentuk moncong ini sangat mempengaruhi kecepatan roket, hambatan udara dan juga kestabilan roket itu sendiri.





Bila moncong roket semakin tumpul atau datar, maka hambatan/drag dari udara akan semakin besar dan kecepatan akan berkurang. tetapi jika semakin runcing, hambatan udara akan semakin berkurang atau bisa disebut aerodinamis. Bentuk moncong yang paling umum adalah bentuk cone, karena pembuatanya mudah dan sederhana. Bentuk yang paling baik untuk menjadi moncong roket adalah bentuk bulat dan parabola (bisa dilihat di gambar). tetapi pembuatanya sangat rumit dan memerlukan ketepatan agar hasilnya bulat sempurna sehingga tidak menambah hambatan/drag.


Tetapi, pada roket-roket besar seperti roket Soyuz juga Saturn bentuk moncong roket tidak terlalu berpengaruh. Karena roket - roket besar tidak terlalu membutuhkan kecepatan. Lain halnya dengan roket kecil dan rudal atau peluru kendali, bentuk moncong harus diperhatikan agar dapat memperoleh kecepatan dan kestabilan yang diharapkan.


Comments

Popular posts from this blog

Cara Bikin Blog di blogger.com

Apa itu Boilerplate?

Pengertian Scripting dan Compiled Language