Sekilas tentang korek api

Tiba2 dapet ide bikin postingan tentang korek api. setelah gua cek di google ternyata postingan tentang korek api cuma ada di wikipedia. okelah, kalo gitu langsung aja ke pokok permasalahan tentang korek api.

korek api [alt]

Korek api sering disebut juga dengan pemantik atau geretan. Korek api sering dipakai untuk menyalakan rokok dan lain lain. Ternyata korek ujung korek api dibuat dengan bahan fosfor yang akan menghasilkan nyala api bila digesekkan terhadap suatu permukaan khusus. Korek api yang dinyalakan dengan digesek pertama kali ditemukan oleh kimiawan Inggris John Walker tahun 1827. Penemuan tersebut diawali oleh Robert Boyle tahun 1680-an dengan campuran fosfor dan belerang, tetapi usahanya pada waktu itu belum mencapai hasil yang memuaskan. Walker menemukan campuran antimon (III) sulfida, potasium klorat, natural gum, dan pati dapat dinyalakan dengan menggesekkannya pada permukaan kasar. sebelum korek model seperti diatas ditemukan, bangsa cina telah mengembangkan korek api sederhana yang terbuat dari batang kayu mengandung belerang dibuat pada tahun 577.

Pengembangan lebih lanjutnya, dibuatlah korek api berbahan gas yang lebih kita kenal sebagai pemantik. Isi korek api jenis ini yaitu berupa cairan seperti naphtha atau butanaUntuk dapat menghasilkan percikan dan menyulut terjadinya bunga api digunakan batu api yang digesekan pada permukaan yang sangat kasar, sehingga bunga api ini menyulut cairan atau gas sehingga terbakar. Besarnya api dapat diatur sehingga tidak membahayakan.



Model korek api unik :


korek permen karet :D

mau padamin api malah ikutan kebakar :D

korek api atau batere?





Comments

Popular posts from this blog

Cara Bikin Blog di blogger.com

Apa itu Boilerplate?

Pengertian Scripting dan Compiled Language