Sekilas Tentang JKT48
Konsep "idol you can meet" diusung oleh idol group AKB48.(apa sih idol group?) Para fans dapat bertemu langsung dengan idol mereka. Melalui event-event yang diadakan mereka juga dapat bersalaman dan bahkan mengobrol dengan idola mereka. Ini merupakan suatu model bisnis yang inovatif tapi juga high risk. Walaupun begitu, kesuksesan AKB48 di Jepang telah memastikan bahwa model bisnis seperti ini dapat dilakukan.
Kesuksesan JKT48 tidak bisa lepas dari pengaruh AKB48 . Bahkan dari awal dibentuk hingga sekarang, iklan mereka hanya terdiri dari produk-produk Asia, mayoritas produk-produk Jepang. Ini menunjukan masih kentalnya efek AKB48.
Theater JKT48 selalu dipadati para fans. Dari Penjualan album sampai pemutaran film mereka (VIVA JKT48) dapat dibilang laku. Tidak heran jika saya mengatakan mereka mendapatkan kesuksesan finansial. Hal itu ditunjukan dengan kemampuan mereka menjaga kualitas. Juga mereka telah mampu mencetak tiga generasi, Team J, Team K, dan Trainee.
Ditengah Industri musik Indonesia yang sedang lesu JKT48 telah membawa ide segar untuk dunia musik Indonesia. Sebelum kemunculanya, bisa dikatakan kita sama sekali tidak mengenal yang namanya idol group. Mungkin dari jenis ini yang paling mendekati adalah Project Pop, yang dimana Project Pop lebih menonjolkan sisi vokalitas daripada visual. Cewe-cewe remaja yang bernyanyi dengan seragam seksi dan lagu berirama ceria jelas merupakan hal yang sangat baru di dunia musik Indonesia.
Apa orang Indonesia siap dengan "idol group"? Jawabanya tergantung pelaku musik itu sendiri. kemana musik mereka akan dibawa. Sudah terbukti kepopuleran tidak memastikan suatu brand musik akan mendapatkan kesuksesan finansial. Tapi, fan service yang mampu melakukanya. Dengan fan service suatu brand music tidak hanya menjadi musik semata, tapi juga kesetiaan dan loyalitas para penggemarnya.
Comments
Post a Comment